64 Warga Kabupaten Jombang Menerima Bantuan Kursi Roda Dari Mensos RI Tri Rismaharini

Mensos RI didampingi Mbak Estu saat serahkan bantuan kursi roda ke penyandang disabilitas

Jombang PERSADAPOSNEWS. COM,
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi Mbak Estu anggota DPR-RI Komisi V Fraksi PDI-P menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitas Sosial (ATENSI) kepada 64 warga Jombang. Bantuan itu berupa kursi roda yang diberikan kepada penyandang disabilitas di kota santri ini.

Bantuan kursi roda itu diserahkan Tri Rismaharini pada Sabtu (28/1/2023) di aula kantor Desa Sengon, Kecamatan Jombang, saat penyerahan Mensos didampingi anggota Komisi V DPR RI Mbak Estu, beliau langsung mengecek kondisi kursi roda yang akan diberikan kepada penyandang disabilitas tersebut. Selain itu hadir di acara ini Kepala Dinsos kabupaten Jombang Hari Purnomo, Wakil Ketua DPRD Jombang Doni Anggun dan Anggota fraksi PDI-P DPRD kabupaten Jombang.

Kursi roda yang diberikan ini, merupakan program bantuan Atensi dari Kementerian sosial RI khusus untuk para penyandang disabilitas. Total nilai bantuan mencapai Rp 543 juta.

Tri Rismaharini Menteri Sosial

“Jumlahnya di sini 64 kursi roda, senilai Rp 543 juta. Sebelumnya sudah kita berikan untuk penyandang disabilitas di Tulungagung, Batu, Nganjuk dan banyak daerah lainnya,” ujar Tri Rismaharini kepada awak media di lokasi.

“Kursi roda yang diberikan itu sudah melalui proses assesment. Sehingga kursi roda diterima tepat sesuai kebutuhan para penerima manfaat, yaitu penyandang disabilitas, ” ujar Risma.
.
Mbak Estu yang turut mendampingi penyerahan bantuan ini menyampaikan, bantuan ini terdiri 3 jenis kursi roda yang diberikan sesuai kebutuhan penerima manfaat, yakni kursi roda manual, elektrik dan kursi roda adaptif.

“Misalkan tadi yang hidrosifalus, kalau kita kasih kursi roda biasa tidak ada gunanya. Jadi harus ada assesment. Karena itu, bantuan diberikan bisa tepat sasaran,”tutur Mbak Estu yang juga Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan ini.

Selain bantuan kursi roda, Mensos RI juga menawarkan pengobatan gratis bagi penyandang disabilitas untuk berobat di balai besar rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik milik Kemensos di Solo. Mensos akan memfasilitasi mulai dari antar jemput hingga pengobatan pasien secara gratis.

“Kita bisa membawa mereka ke sana. Banyak beberapa yang berusia 32, usia 9 tahun dan 19 tahun, mereka lumpuh dan bisa jalan lagi. Nanti akan kita jemput untuk di bawa ke sana, itu kalau mau. Karena rehabnya gak bisa 1 minggu 2 minggu. Tapi bisa 1 bulan 2 bulan,”papar Risma.

Para penyandang disabilitas´╗┐ merasa gembira. Salah satunya Samsul Huda (42) Warga Jombang ini. “Alhamdulillah akhirnya saya dibantu kursi roda oleh Mensos RI dan Mbak Estu, saya sangat berterima kasih karena kursi roda ini sangat saya butuhkan, ” pungkasnya. (Red*/tim Psd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *